Sabtu, 10 Oktober 2015

Jangan Menyerah Menghadapi Masalah

Seseorang pernah berkata bahwa ia menyerah dan merasa tidak cocok dengan kehidupan yang kini ia jalani. Mungkin suatu ketika kita juga pernah merasakan hal tersebut. Seolah kita adalah manusia paling malang yang mendapatkan banyak cobaan. Namun, coba kita pikir ulang kembali hal tersebut.

Masalahnya bukan pada permasalahan yang dihadapi tapi tergantung pada diri kita yang menanganinya. Banyak orang menyerah pada dirinya. Mengeluh jika ia sedang memiliki banyak pikiran, jika ditelaah kembali, apa mengeluh itu dapat membuat tiba-tiba saja permasalah itu hilang? Tentu saja dengan tegas saya jawab TIDAK! Mengeluh itu hanya membuat permasalahan itu semakin rumit, jika itu adalah sebuah permasalan yang biasa, dengan mengeluh permasalan itu nampak semakin kompleks. Hanya ada satu cara menyelesaikan itu semua. Ya, hadapi saja atau istilah dalam bahasa inggris just do it.

Kita tidak pernah tahu kemampuan kita jika tidak mencobanya. Lakukan sajalah, maka kau akan tahu kesalahan apa yang telah diperbuat hingga pemasalahan itu terjadi.

Terkadang kita iri melihat ada orang yang masih dapat tersenyum sementara kita dirundung berbagai macam permasalahan. Berhenti berpikiran seperti itu. Mereka juga memiliki masalah sama seperti kita, namun mereka masih bisa mengetahui cara mensyukuri kehidupan ini dengan selalu terlihat bahagia bagi orang lain. Jadi, masih beranggapan bahwa kau adalah yang termalang? Pernah melihat orang yang tidak memiliki kaki? Pernah melihat orang yang hidup di pinggir jalan? Mereka masih bisa tersenyum, jadi coba pikirkan itu.

Kalian hanya perlu mengingat satu hal. Permasalahan dan solusi itu merupakan satu paketan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Jadi, jika kita memiliki masalah sesungguhnya telah tercipta solusi dalam menghadapi masalah tersebut. Hanya mungkin tinggal menunggu waktu yang tepat masalah itu akan diselesaikan. Jangan pernah khawatir akan hal tersebut, buktinya dulu juga kita memiliki masalah bukan? Coba pikirkan! Apakah masalah yang dihadapi ketika dulu itu masih tetap ada hingga sekarang? Jika seperti itu tentu diusia yang sudah semakin bertambah itu masalah akan terus menumpuk jika tidak memiliki solusi. Masih berpikiran masalah itu adalah hal yang besar?

Jika diibaratkan masalah adalah sebuah ujian semester yang membuat kita naik ke tingkatan kelas berikutnya. Begitu pula dengan kehidupan. Meskipun tidak begitu jelas derajat yang dimaksud tapi hal ini tampak seperti itu. Tidak aka nada ujian jika kita tidak dikatakan mampu melakukan hal tersebut. Andai kita berada di kelas tiga sekolah dasar tentu kita tidak akan mengikuti ujian semester siswa kelas lima sekolah dasar. Kita akan mengikuti ujian yang sesuai dan orang-orang mengatakan bahwa kita mampu mengerjakan ujian tersebut.

Sesuai dengan syariat yang telah dipelajari dalam agama Islam bahwa Alloh tidak akan melimpahkan sebuah masalah jika kita tidak mampu menyelesaikannya. Jadi sesungguhnya masalah yang kita dapatkan itu karena Alloh tahu bahwa kita bisa menyelesaikan dan akhirnya naik ke derajat yang lebih tinggi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar