Jumat, 09 Oktober 2015

Ketika Mahasiswa Lelah

Kuliah adalah dunia yang pasti dimiliki oleh seorang mahasiswa. Berbeda dengan sekolah pada umumnya yang selalu terjadwal dari pagi hingga siang hari. Kuliah lebih fleksibel dalam hal waktu. Kadang suatu hari masuk pagi, siang atau bahkan sore.

Ada beberapa hari yang menyenangkan bagi mahasiswa, yaitu ketika dalam sehari masuk kelas hanya sekali. Tapi tidak sedikit pula ada yang kuliah dari pagi hingga sore hari. Aktivitas yang lainnya pun akan terjadi di malam hari dan membuat lelah di keesokan harinya.

Maka janganlah melihat aneh ketika menyaksikan para mahasiswa yang tumbang ketika perkuliahan berlangsung. Kebanyakkan dari mereka adalah seorang aktivis yang selalu memiliki kegiatan rapat ini itu ketika malam hari. Meskipun tidak semuanya akan seperti itu.

Hal yang tidak menyenangkan adalah ketika seharian dihabiskan dengan kuliah dan ketika mata kuliah terakhir sudah mulai tidak fokus lagi mendengarkan. Badan sudah lelah. Alhasil dosen yang berada di depan pun tidak didengarkan, mereka hanya berharap perkuliahan segera usai dan bisa kembali ke kostan masing-masing untuk beristirahat.

Sesungguhnya berusaha untuk mendengarkan sudah dilakukan, tapi apa daya ketika tubuh sudah lelah dan membutuhkan istirahat. Apalagi ketika sore hari menjelang maghrib hujan turun. Suara dosen pun beradu dengan gemuruh hujan dan akhirnya hanya terdengar pelan. Ketika ditanya mengenai mata kuliah yang barusan disampaikan. Semuanya terdiam. Bukan berarti mengerti, namun bingung hingga tidak tahu harus bertanya mengenai apa?

Tertidur di kelas bukanlah hal yang diinginkan mahasiswa. Rasanya hanya mendengarkan sambil duduk manis di tempat, tanpa bicara, tanpa makan/minum bahkan tanpa bergerak dan dengan kondisi tubuh lelah itu memaksa kami melakukan hal tersebut. Pada awalnya memang fokus mendengarkan, namun beberapa saat kemudian tidak lagi mulai jelas.

Jika boleh diungkapkan. Kami yang mengikuti berbagai mata kuliah dan memiliki banyak tugas dari mata kuliah tersebut itu hingga membuat bergadang semalaman dan akhirnya tidak bisa lagi menahan lelah di kelas. Andai mereka tahu.

Apabila seperti itu rasanya ingin segera menyelesaikan bangku perkuliahan secepat mungkin. Tanpa sadar bahwa dunia pascakampus lebih menantang dari apa yang dipikirkan. Mahasiswa dilatih untuk memanage waktu yang mereka miliki untuk melakukan berbagai hal yang harus dilakukan. Hal tersebut mampu membuat kita tahan banting terhadap dunia luar yang terkesan lebih keras dan kompetitif.

Hal yang bisa dilakukan mahasiwa sekarang hanya menikmati setiap perjalanan yang kami miliki, setidaknya kami masih bisa tersenyum disela-sela kesibukan kami masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar