Selasa, 23 Juni 2015

Cara Menghadapi Masalah



Ketika kita memiliki sebuah masalah. Kita selalu bingung memikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut? Tidak jarang bahkan kita menyerah dan akhirnya memilih untuk melarikan diri dari permasalahan itu. Bagaimana cara orang cerdas menghadapi masalah yang mereka miliki?

Pertama, sadari jika setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Jika kamu merasa bahwa kamu adalah orang yang paling malang sedunia. Kamu salah! Masih banyak orang yang memiliki masalah lebih berat daripada kamu, hanya kamu tidak mengetahuinya. tidak sedikit orang yang menyembunyikan masalahnya sendiri dan bersikap baik-baik saja di hadapan orang lain.

Kedua, ubahlah cara pandangmu terhadap masalah yang ada. Jangan anggap sebuah masalah itu adalah hambatan buatmu mencapai tujuan. Berpikirlah lebih positif. Anggap masalah itu adalah sebuah tantangan yang harus kau hadapi untuk masuk ke tingkat yang lebih tinggi. Seperti sebuah sekolah, maka masalah itu adalah ujian supaya kamu bisa naik kelas.

Ketiga, berpikirlah maju, bahwa setiap permasalahan itu pasti ada solusinya. Setiap gembok yang dibuat pasti ada kuncinya. Setiap pertanyaan pasti memiliki jawaban. Mereka semua sudah ditentukan dalam satu paket. Maka jika kamu memiliki sebuah masalah, ingat saja bahwa pasti suatu hari nanti ada solusinya. Jangan lari dari masalah yang kamu hadapi. Lari bukanlah sebuah solusi, hanya saja lari itu bisa menunda atau bahkan bisa memperburuk keadaan. Karena pada hakikatnya jika kamu lari, masalah itu masih akan tetap ada untuk kamu diselesaikan.


Selanjutnya, tentu saja selesaikan masalahmu. Jika kamu masih bingung bagaimana cara menyelesaikannya. Bertanyalah pada orang-orang yang sudah berpengalaman, sebenarnya setiap masalah yang dihadapi orang itu berbeda-beda. Tapi tidak akan melebihi kemampuan kita. Kita diberi masalah itu pasti karena Allah tahu bahwa kita mampu menyelesaikannya. Maka selesaikanlah. Buktikan bahwa kamu bisa menjadi orang yang lebih baik lagi jika kamu mampu berpikir positif dan menyelesaikan permasalahanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar