Jumat, 12 Juni 2015

Masalah Kegemukkan

"Kok kamu terlihat semakin gemuk?"

"Pipimu tembem sekali."

"Sudah lama tidak bertemu, semakin subur saja."

Berbagai macam kata-kata bermakna serupa mulai terdengar. Aku yang memang sudah lama tidak berjumpa dengan mereka harus menerima kenyataan pahit bahwa aku sudah berubah dari sebelumnya : bertambah berat badan!

Baiklah ku akui itu memang benar. Timbanganku naik 5 kilogram semenjak aku pindah beberapa bulan lalu. Tapi, apa penyebabnya?

Seingatku aku makan dua kali sehari bahkan terkadang aku makan hanya sekali saja karena terlalu sibuk dengan banyak hal.

Selain itu aku juga banyak pikiran, banyak tugas yang harus aku kerjakan dengan waktu yang relatif singkat.

Jadi, apa masalahnya?

Aku kasihan dengan teman sekamarku yang menjadi korban. Setiap bertemu seseorang dan dia berkata bahwa aku semakin membesar, aku selalu menanyakan pada teman sekamarku.

"Memang benar aku semakin gemuk?" Tanyaku. Dan pertanyaan serupa itu akan terus berulang hingga aku mendapatkan jawaban "Tidak, kamu kurus," atau "Mereka mungkin salah penilaian," tapi kedua jawaban itu tidak pernah aku dapatkan. Teman sekamarku memang terlalu jujur.

Aku mendesah. Malam itu terjadi lagi. Seseorang berkata mengenai berat badanku ketika perjalanan pulang.

Dengan secepat kilat aku berlari menuju kamarku dan ku dapati dia yang sedang belajar untuk ujiannya besok.

"Aku memangnya gemuk?" tanyaku untuk kesekian kali. Ia hanya mengangguk, tatapannya mengarah pada buku bacaan di depannya.

Aku meminta bantuannya untuk memfotoku seluruh badan. Aku tidak merasa semakin gemuk. Namun pikiranku itu kembali ku ubah setelah melihat foto hasil jepretan tadi. Ini aku kan?

Baiklah, sudah cukup! Aku lelah dengan semua penilaian orang terhadapku. Aku segera mengambil posisi sit-up, beberapa kali melakukannya kemudian mengambil posisi push-up. Temanku hanya menatapku aneh, tatapan untuk orang yang sedang berolahraga di malam hari dan di dalam kamar.

Aku kelelahan.

Tidak berapa lama kemudian aku ketiduran.

1 jam..

2 jam..

3 jam..

4 jam..

5 jam..

6 jam..

7 jam..

8 jam..

>8 jam..

Aku masih tertidur padahal sebelumnya aku sudah makan malam.

1 komentar: