Kamis, 03 Desember 2015

Jadilah yang Pertama

http://media.tumblr.com/tumblr_l16irlcQqf1qzzg25.jpg

Hanya ingin berbagi bagaimana rasanya menjadi yang pertama dalam mengerjakan sesuatu. Banyak manfaat yang bisa diambil jika kita bisa menjadi orang pertama atau pelopor dalam melakukan sesuatu yang akan diikuti oleh teman-teman yang lain.

Banyak sekali manfaat ketika menjadi yang pertama mengerjakan tugas, misalnya tugas kuliah. Diantaranya sebagai berikut.

Menjadi tenang. Jika kita sudah mengerjakan tugas kita terlebih dahulu dibandingkan orang lain maka kita akan menjadi tenang dalam mengerjakan aktivitas berikutnya. Begitu seterusnya hingga kita tidak perlu bersusah payah mengerjakan berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan. Biasanya ini merupakan penyakit para mahasiswa. Deadliner. Rasanya itu jika belum dikumpulkan dalam waktu yang mepet, melaksanakan pekerjaan pun menjadi sangat santai hingga akhirnya tugas lain datang dan dikumpulkan pada waktu bersamaan, pilihkan akhirnya begadang semalaman.

Sebagai patokan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biasanya orang pertama yang dinilai dalam mengerjakan sesuatu menjadi patokan bagi nilai-nilai selanjutnya. Apakah lebih baik atau lebih buruk bagi tugas yang selanjutnya masuk? Maka dari itu jika biasanya yang menjadi orang pertama adalah orang dengan kapasitas yang baik maka standar penilaian pun akan tinggi.

Kesalahan dimaklumi. Namanya juga yang pertama melaksanakan, biasanya menjadi contoh bagi pelaksana tugas yang lainnya. Jadi kesalahan pun menjadi dimaklumi karena percobaan pertama. Untuk tugas-tugas selanjutnya biasanya diminta memiliki kapasitas lebih baik dari pertama.

Nilai tambah. Ada beberapa hal yang biasanya memiliki nilai tambah jika menjadi yang pertama dilaksanakan, apalagi jika menjadi sukarelawan. Maka hal tersebut bisa menambah tabungan nilai kita di masa depan.

Mudah diingat. Orang pertama yang melakukan sesuatu biasanya menjadi mudah diingat oleh orang lain, apalagi jika kita melaksanakannya berulang kali. Citra positif akan tercipta pada diri kita jika kita bersifat demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar