Senin, 14 Desember 2015

Terbukalah terhadap Kritik



Kritikan memang suatu hal yang tidak menyenangkan. Kita melakukan sesuatu yang bisa jadi sebuah kebiasaan atau karakter kita tiba-tiba saja ada orang yang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan suatu hal yang dipandangnya tidak baik. Saya juga yakin pertama kali kamu mendengarnya juga tidak merasa nyaman.

Lantas haruskah kita jadi membenci sang pemberi kritik? Jika orang  yang terbuka terhadap banyak hal tentu akan mengatakan tidak. Orang-orang sukses tidak membuat kritikan itu hanya sebatas komentar dari orang lain mengenai dirinya, juga sebagai langkah dalam proses perbaikan diri.

Ya. Kita memang tidak pernah bisa melakukan sesuatu dengan hal-hal yang seratus persen benar. Namanya juga manusia, tempatnya kesalahan. Jadi, tidaklah menjadi sesuatu yang salah ketika kita dikritik orang lain.

Orang lain memang memiliki hak dalam berpendapat, begitu pula kita. Berbagai macam jenis orang dengan kepala yang berbeda tentu memberikan persepsi mengenai sesuatu dengan berbeda pula. Mungkin kita beranggapan bahwa apa yang kita lakukan sudah benar, namun belum tentu dikatakan benar oleh orang lain.

Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Tinggal bagaimana kita menyikapi seseorang ketika mereka melakukan kritikan. Kritikan tidak harus berasal dari orang yang tidak menyukai kita, bisa juga dari orang yang memang mengetahui dan menyayangi kita. Lantas, mereka memberikan kritik supaya kamu bisa lebih baik dari sebelumnya, bisa menutupi kelemahan yang kamu miliki.

Kritikan adalah cara orang menjelaskan sikap kita dilihat dari kacamata orang lain. Sebaiknya kita juga harus memperhatikan hal tersebut supaya kita tahu pendapat orang lain mengenai kita. Setelah kita mendapat kritikan jangan larut dan sedih menanggapi hal tersebut. Melainkan bersemangatlah untuk membuat pandangan orang lain menjadi berbeda setelah mampu merubah sesuatu yang memang tidak baik.

Merubah sesuatu memang sulit namun bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Langkah pertama dalam melakukannya adalah niat dengan sepenuh hati. Jika sudah seperti itu selanjutnya akan lebih mudah untuk dijalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar