Minggu, 20 September 2015

Kuliah Perilaku Konsumen Minggu Pertama



Siti Jannah Nuraisyah



Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Fakutas Ekologi Manusia (www.fema.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)

Department of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www. ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.




http://www.belbuk.com/images/products/buku/bisnis--keuangan/pemasaran/Perilaku%20Organisasim.jpg

Senin, 7 September 2015

PENDAHULUAN
Konsumsi merupakan suatu kegiatan menggunakan suatu produk atau jasa. Orang yang melakukannya dinamakan konsumen. Pada mata kuliah Perilaku Konsumen yang menjadi sorotan adalah konsumen individu, dalam hal ini konsumen yang paling tinggi berada di tingkat keluarga.

Konsumsi juga bisa berarti pembeli, pengguna, pengambil keputusan, pelanggan, barang, jasa, merek, harga, kualitas, menawar, mencari informasi, membandingkan merek. Konsumn yang dilihat di sini adalah konsumen dari perspektif produsen.

Barang dan jasa merupakan produk dari produsen yang digunakan oleh konsumen. Perbedaan diantara keduanya adalah jika barang memiliki bentuk, ada fisiknya, jika terjadi transaksi terjadi kepemindahan kepemilikan. Sementara jasa sebaliknya, hanya bisa dirasakan dan tidak ada pengalihan kepemilikan.

Perilaku-perilaku yang biasanya dilakukan oleh konsumen diantaranya memilih, menawar produk berkualitas, mengikuti tren idola. Kebiasaan yang dilakukan oleh konsumen yaitu menyebut suatu produk dengan khas, meskipun bukan barang itu yang dimaksud, maka dari itu kita harus mengetahui bahasa konsumen.

Perilaku konsumen di kalangan remaja cenderung menjadi salah satu sumber rejeki bagi produsen karena remaja itu selalu mengikuti tren ataupun idolanya, mengoleksi berbagai macam barang, selalu up to date mengenai teknologi, memakai aksesoris yang berlebihan serta memadukannya. Maka dari itu remaja menjadi salah satu konsumen yang memberi keuntungan.

Menurut Schiffnan dan Kanuk (2010) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai perilaku yang diperlihstksn konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk barang dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.

Konsumen berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi sementara keinginan adalah segala sesuatu yang dipengaruhi oleh aspek budayamenjadi tidak terbatas. Demand adalah keinginan dan kebutuhan yang dipengaruhi kemampuan membeli.

Studi perilaku konsumen adalah studi mengenai bagaimana seorang individu membuat keputusan untuk megalokasikan sumber daya.

Proses seorang konsumen membuat keputusan yaitu dengan mengenali kebutuhannya terlebih dahulu lalu mencari informasi mengenai produk mana yang dapat ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Setelah melakukan evaluasi dan mencari alternative akhirnya konsumen melakukan pembelian hingga tercapai kepuasan. Proses pembelian ini dipengaruhi oleh beberapa factor.

Perbedaan individu (kebutuhan dan motivasi, kepribadian, pengolahan informasi dan persepsi, proses belajar, pengetahuan, sikap). Factor Lingkungan (budaya, karakteristik sosial, ekonomi, keluarga dan rumah tangga, kelompok acuan, situasi konsumen). Strategi Pemasaran (perusahaan, pemerintah, orang nirlaba, partai politik). Implikasi (strategi pemasarn, kebutuhan public dan pendidikan konsumen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar